News - Guru Muda Indonesia Siap Berkarya untuk NTT
Guru Muda Indonesia Siap Berkarya untuk NTT
Juli 05, 2019 - Admin
Guru Muda Indonesia Siap Berkarya untuk NTT

KUPANG KABARNTT.COM - Yayasan Pendidikan Astra-Michael D Ruslim (YPA-MDR) yang dibentuk secara khusus oleh PT. Astra International Tbk, melepas Guru Muda Indonesia untuk Kabupaten Kupang dan Rote Ndao. Pelepasan dilakukan oleh Wakil Gubernur NTT, Josef A Nae Soi, di Kantor Gubernur NTT, Senin (1/7/2019).

Yayasan Pendidikan Astra-MDR merupakan yayasan yang mengkhususkan diri dalam menangani masalah pendidikan di daerah pra- sejahtera dan daerah yang memiliki 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal). Yayasan Pendidikan Astra-MDR memasuki daerah Kupang khususnya Kecamatan Amarasi dan Takari tahun 2016.

Pelepasan Guru Muda Indonesia ini mengambil tagline Semangat Indonesia Cerdas. Program ini merupakan bagian dari pihak Astra untuk Indonesia Cerdas, yang diselenggarakan untuk meningkatkan mutu pendidikan di daerah pra-sejahtera, dan memghadirkan guru-guru muda yang mempunyai kompetensi dan idealisme untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo, kepada media mengatakan, alasan utama YPA-MDR memasuki NTT khususnya Kabupaten Kupang dan Rote Ndao, karena Indeks Pembangunan Manusia (IPM) masih rendah.

Herawati menambahkan, "Satu pertimbangan juga khusus Kabupaten Rote Ndao merupakan pulau yang paling selatan dari Indonesia yang juga memiliki indeks pembangunan manusia yang masih rendah. Itu yang menjadi pertimbangan kami untuk masuk ke situ," ungkapnya.

Program tersebut, kata Herawati, akan dilakukan satu tahun ke depan di 22 sekolah yang ada di Kabupaten Kupang dan Rote Ndao.

Dalam acara pelepasan Guru Muda Indonesia, Wakil.Gubernur NTT, Josef Nae Soi, berpesan kapada para guru muda yang akan membantu NTT dalam meningkatkan pendidikan, agar pandai dalam menjalankan tugas. Seorang pendidik akan melakukan bagaimana transfer pengetahuan dan moralitas terhadap peserta didik.

"Pesan saya kepada para guru muda, harus pandai menjalankan tugas karena seorang pendidik akan melakukan bagaimana mentransfer pengetahuan dan moralitas kepada peserta didik," kata Nae Soi.

Nae Soi sangat berterima kasih kepada YPA-MDR yang sudah memberikan kontribusi bagi pembangunan NTT, melalui para guru muda Indonesia yang akan membantu mendidik anak-anak Nusa Tenggara Timur. (ttn)